Sabtu, 21 Februari 2015

Penyebab Dan Cara Mengatasi Sakit Pinggang

Sakit pinggang merupakan sakit otot yang menusuk atau nyeri, kaku/keterbatasan rentang gerak, atau ketidakmampuan berdiri tegak. Terkadang rasa sakit yang dirasakan di pinggang dapat menjalar sampai ke bagian tubuh lainnya. Rasa sakit ini timbul akibat iritasi saraf, luka peregangan (lumbar radiculopathy) dan gangguan tulang (bony encroachment).

Penyebab Sakit Pinggang
  • Gangguan mekanik pada struktur dan kesatuan fungsi tulang belakang.
  • Sikap badan yang salah atau misalnya saat membungkuk dan mengangkat beban atau barang yang berat.
  • Terlalu banyak duduk.
  • Kurang berolahraga.
  • Pemakaian sepatu berhak tinggi, karena dalam keadaan normal tulang belakang daerah pinggang mempunyai lengkungan ke depan, bila lengkungan kedepan tersebut berlebihan,akan menimbulkan gejala sakit pinggang.
  • Tidur dengan alas/dasar yang terlalu lentur sehingga membuat tulang belakang mengikuti lenturan atas yang ditiduri.
  • Kurang berolahraga sehingga menyebabkan kelenturan sendi-sendi dan jaringan ikut menurun, sehingga otot mudah cedera karena gerakan yang sederhana, seperti mengangkat, mendorong, atau membungkuk.
Cara Mengatasi Sakit Pinggang

1. Latihan Olahraga
Olahraga sangat penting dilakukan karena dengan berolahraga bisa mengurangi sakit/nyeri pinggang dengan memperkuat peregangan otot-otot yang mendukung tulang belakang dan membantu mencegah terjadinya cedera, dalam berolahraga anda dapat melakukan hal berjalan jarak pendek atau berenang.
 
2. Menurunkan Berat Badan
Badan yang terlalu berat akan membuat pinggang bekerja keras untuk menopang berat badan anda. Maka dari itu dengan menurunkan berat badan anda, bisa menjadi pereda sakit pinggan.
 
3. Jika Terkena Cedera
Jika anda terkena cedera dianjurkan untuk mengkompres dengan menggunakan es di atas area cedera selama kurang lebih 20 menit.
 
4. Mandi Air Hangat
Air hangat bisa mengurangi sakit pinggang dengan cara mengendurkan otot, membuat otot menjadi rileks dan melancarkan darah sehingga sakit pinggang akan segera pulih.
 
.5. Terapi Pijat
Dengan melakukan terapi pijat, maka bisa mencegah ketegangan otot-otot pinggang. Terapi pijat bermanfaat untuk perbaikan sirkulasi , membantu meringankan nyeri otot, dan meningkatkan endorfin (hormon yang dihasilkan tubuh sebagai penghilang rasa sakit alami).

Demikian pembahasan tentang penyebab dan juga cara mengatasi sakit pinggang, semoga bisa bermanfaat bagi anda.


1 komentar:

  1. Terima kasih atas infonya, terkadang kurang minum juga dapat menyebabkan sakit pinggang.. Apalagi jika kebanyakan duduk dengan posisi yang salah…. Untuk pekerja yang setiap harinya menghabiskan waktu berjam-jam didepam komputer,,, perbanyak minum air putih dan variasi gerak adalah salah satu cara mengghindari sakitn pinggang.... by: www.motroad.com

    BalasHapus